Jelang Ramadan Harga Rempah dan Ayam Potong di Pasar Sentral Melambung

Pedagang saat melayani pembeli

GORONTALO-EKSIS – Harga rempah-rempah dan daging ayam potong di pasar tradisional di Gorontalo mulai naik terkait momentum menyambut bulan suci Ramadhan yang kian dekat.

Di Pasar Sentral Kota Gorontalo salah satunya, harga sejumlah komoditas seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kunyit hingga daging ayam potong tercatat mulai mengalami peningkatan.

Iyam Sadu salah seorang pedagang rempah-rempah, Rabu (30/3/2022), mengatakan, harga cabe merah naik dari Rp 45 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram, bawang merah naik dari Rp 24 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Begitu juga dengan kunyit naik dari Rp15 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak lima hari lalu, bahkan kenaikan ini sudah biasa di alami setiap menjelang ramadhan, kemungkinan harga akan naik sampai bulan ramadhan nanti,” ungkapnya.

Meskipun harga rempah-rempah mulai melonjak menjelang ramadhan, Iyam mengakui penghasilannya masih tergolong stabil, meski terjadi sedikit penurunan.

Sementara itu, harga daging ayam potong terpantau juga mengalami kenaikan harga. Sebelumnya harga satu ekor daging ayam potong berkisar Rp60 ribu, kini menjadi Rp 70 ribu per ekornya.

Onal Pundoko, salah satu pedagang ayam potong juga mengaku, penyebab dari kenaikan ayam potong tersebut sudah menjadi hal yang biasa terjadi menjelang bulan ramadhan.

“Kenaikan ini di sebapkan permintaan ayam potong meningkat stok ayam di pedagang kurang sehingganya kami di pedagang menaikkan harga,” tandasnya.(cr-01/opi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *