KKN Tematik UNG Laksanakan Program Akuntansi Desa di Molombulahe

Program akuntansi desa dengan tema “Penguatan Kreatif Sebuah Usaha Inovatif Berbasis Budaya Lokal Menuju Kemandirian Pada Bumdes” bertempat di aula kantor Desa Molombulahe Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Sabtu (29/10/2022).

GORONTAlO-EKSIS – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tahun 2022 menggelar program akuntansi desa dengan tema “Penguatan Kreatif Sebuah Usaha Inovatif Berbasis Budaya Lokal Menuju Kemandirian Pada Bumdes” bertempat di aula kantor Desa Molombulahe Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Sabtu (29/10/2022).

Koordinator Desa KKN UNG Moh. Ramdhan Gumohung mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggungjawab peserta KKN yakni mahasiswa akuntansi untuk dapat melakukan sosialisasi secara menyeluruh terkait akuntansi desa khususnya pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (bumdes) berbasis aplikasi guna dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Molobulahe yang sejalan dengan kebutuhan dan potensi desa yang dimiliki.

“Diharapkan melalui kegiatan ini kesejahteraan masyarakat Desa Molombulahe tentunya lebih meningkat lagi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Herianto Manto selaku Kepala Desa Molombulahe mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat desa dan lebih khususnya pemerintah desa dan pengurus Bumdes Desa Molombulahe. Mengingat selama ini terkait dengan pengelolaan keuangan bumdes yang ada di desa itu masih dilaksanakan secara manual.

“Tentunya melalui kegiatan ini kami pemerintah desa khususnya pengurus bumdes dapat mengimplementasi aplikasi ini. Dan insyaAllah akan kami aplikasikan lagi dengan desa cerdas atau desa digital sebagai sistem informasi desa agar dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dan diinformasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini
yakni kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Ibu Dr. Tri Handayani Amaliah, SE., Ak., M.Si.,CA dan ibu Yustina Hiola SE., Ak., M.SA.,CA (Dosen) serta Hartono dan Sri Mulyani Latjompo (mahasiswa).(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *