Peringati Hari Kartini, HMI Komisariat Ekonomi UNG Gelar Dialog TPKS dan PPRT

GORONTALO-EKSIS – Dalam rangka memperingati Hari kartini Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kohati Komisariat Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar dialog hari Kartini bertemakan Problematika Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) dan Undang-Undang Tindak Pidana kekerasan seksual (TPKS), bertempat di halaman Kampus UNG, Kamis (21/04/2022).

Ketua Kohati Komisariat Ekonomi UNG Istiana Iyou mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini karena bertepatan dengan hari Kartini sebenarnya bukan hari Kartini nya akan tetapi setiap tahunnya perayaan ini menjadi momentum terutama bagi kaum perempuan.

Selain itu di katakan Istiyana, berhubung bertepatan dengan isu yang sedang berkembang di Indonesia terkait dengan di sahkannya UU TPKS dan sementara ada rancangan terkait dengan undang undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) karenanya kami rangkaikan dengan perayaan hari Kartini.

“Jangan sampai terkait dengan PPKS dan PPRT hanya di bahas di Ibukota saja. Akan tetapi di Gorontalo bisa tau isu apa yang sedang berkembang saat ini apalagi terkait dengan perempuan.

Selain itu dikatakan Istiyana, dari kegiatan ini masyarakat Gorontalo akan mengetahui bahwa telah disahkannya Undang-Undang TPKS dan sementara ada rancangan terkait dengan Undang- PPRT.

Ia menegaskan dengan digelarnya dilaog yang membahas terkait dengan TPKS dan PPRT ini, perempuan khususnya di Gorontalo menginginkan PPKS ini bukan hanya simbol saja, tapi memang menjadi payung hukum untuk perempuan, karena melihat kondisi Gorontalo yang rentan terhadap kekerasan seksual.

Organisasi yang telribat pada dialog ini yakni organisasi GMNI, LMND DN, PMII, KOPRI Cabang Gorontalo, dan HMI Kohati Komisariat Ekonomi UNG. (cr-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *